Fhoto di Bengkulu

Putar balik

Adik sanak…….

Begitu sangat berwarna yang terjadi dalam kehidupan masyarakat Bengkulu, salah satu keunikannya ialah pada bentuk komunikasi bahasa. Sepanjang sejarah manusia, semua dimulai dan dihitung dari lahirnya sebuah komunikasi. Komunikasi manusia menjadi hal penting dalam menjaga dan memperbaharui budayanya. Karna komunikasilah yang memandu rencana dari sebuah keinginan dan dijadikannya sebuah tindakan manusia untuk mendapatkan sesuatu yang dicarinya.
Pada dasarnya kebutuhan manusia adalah makan dan hidup tenang, untuk itu manusia harus menciptakan sesuatu untuk mendapatkan makanan yang dia cari dan ketenangan yang dia harapkan. Untuk ituman usia harus bekerja, yang dalam teknisnya, kerja akan baik dan maksimal ketika manusia memiliki alat untuk membantunya dalam bekerja selain ilmu yang melekat pada dirinya.
Alat-alat untuk membantu kerja manusia berkembang dan tercipta dari sebuah kebutuhan dan bahasa yang digunakan untuk alat komunikasi, adalah sebab yang sangat penting dalam proses mencipta dan menyempurnakan alat kerja manusia, (bahasa membebaskan gerak mulut untuk berbicara, otak mengkonservasinya dan organ tubuh bekerja membuatnya dan proses ini terus berulang sampai perkembangan termaju peradaban manusia saat ini muncul begitu bergelora).
Peradaban manusia yang maju itu telah sampailah saat ini.
Di mana alat manusia sudah melampaui batas dari kebutuhan fungsi dasarnya (memudahkan manusia untuk mendaptkan kebutuhan dasarnya,makanan, pakaian dan tempat tinggal), alat tidak lagi memiliki peran yang humanis dalam kehidupan manusia, karna alat yang dimiliki dan dibuat manusia saat ini hanya menjadi heroik, bagi manusia yang telah lupa pada diri. Barang kebutuhan manusia yang diproduksi saat ini tidak lagi istimewa, karena sekarang dia menjadi sebuah barang yang dikalungkan dengan sebuah harga nilai mata uang, tanpa uang berarti tidak akan berguna .
Seperti manusia, dia akan tetap menjadi manusia sejati ketika masih memiliki hak untuk tidak diperjual belikan, tidak ada harga yang bisa memperantarai seseorang untuk mendapatkannya. Itulah kemerdekaan dan ketenangan hidup seutuhnya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar